Rabu, 23 November 2011

Pemeliharaan Harian Alat Berat Motor Grader

Dalam kesempatan ini saya ingin bertukar informasi mengenai Pemeliharan Harian Motor Grader,
semoga bisa lebih berguna dan kita bisa saling bertukar informasi ..selamat membacanya


Menerapkan K3 dan ketentuan dampak lingkungan.
Melaksanakan pemeliharaan harian motor grader sesuai dengan petunjuk pemeliharaan.
Melaksanakan pengoperasian motor grader sesuai dengan aplikasi dan teknik operasi yang benar untuk jenis pekerjaan konstruksi tertentu dengan produksi minimal 65% dari standar produk (Kelas II)

Melaksanakan pengoperasian motor grader sesuai dengan aplikasi dan teknik operasi yang benar untuk jenis pekerjaan konstruksi tertentu dengan produksi minimal 85% dari standar produk (Kelas I)

Membuat laporan operasi dan K3

TPU  :
Menjelaskan pemeliharaan secara umum
Menjelaskan bagian-bagian utama, panel monitor dan alat kendali motor grader
Melakukan pemeriksaan harian motor grader

Pemeliharaan Secara Umum
PEMELIHARAAN
Langkah usaha untuk meningkatkan kembali kondisi alat yang menurun
Mempertahankan kondisi alat tetap baik sampai batas-batas yang memungkinkan
Dilakukan dengan memperbaiki atau mengganti komponen atau suku cadang yang telah menurun kondisinya
Memperlambat turunnya kondisi komponen
Pengertian :
Untuk mempertahankan kondisi ekonomis alat berat, kondisi teknis maupun kinerjanya melalui kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan oleh operator dan mekanik
PEMELIHARAAN A2B
Periodic Maintenance
Schedule Maintenance
Condition Based maintenance
Periodic Maintenance
PEMELIHARAAN (Maintenance)
Ø        Pemeriksaan berkala (Periodic Inspection)
Ø         Engine Top Overhaul
Ø         Engine Top Overhaul
Ø         Engine Overhaul
Ø         Torque Converter Overhaul
Ø         Transmission Overhaul
Ø         Steering Clutch Overhaul
Ø         Final Drive Overhaul
Ø         Lain-lain

ð       Buku panduan
ð       Tempat pelaksanaan pemeliharaan
ð       Tenaga (Operator, Mekanik)
ð       Pemeriksaan service meter
BAHAN BAKAR DAN PELUMAS
          Bahan dasar diambil dari fraksi-fraksi minyak    hasil          destilasi vakum dari “reduce crude”. (minyak     bumi          yang telah diambil (fraksi ringannya)
Minyak pelumas engine
        Minyak Pelumas Transmisi dan Minyak Hidrolik
        Grease (gemuk)
Menjaga suhu dalam sistem pendinginan ada pada suhu kerja yang tepat
Motor Grader Tipe : GD 605 R-1
Nama-nama Bagian :

Bagian Motor Grader Tipe : GD 825 A-2 :
Motor Grader Tipe : G 61 MI – 8400
 
Nama-nama bagian :
                     Ban (tire)
                     Circle drive (penggerak circle)
                     Blade and end bits (blade dan pemotong ujung)
                     Blade linkage (batang penggerak blade)
                     Step and grab irons (injakan dan pegangan besi)
                     Operator compartement (ruang operator)
                     Hydraulic system (sistem hidrolik)
                     Pivot point (as puter)
                     Transmision and differential compartement (ruang transmisi dan differential)
                     Tandem housing (rumah tandem)
                     Engine compartement (ruang engine)
                     Cooling system (sistem pendingin).
Motor Grader Tipe : G 61 MI – 8400
 
Nama-nama Monitor :
                         Meter ampere (ampermeter)
                         Speedo meter
                         Meter temperatur air pendingin (water temperatur gauge)
                         Meter tekanan minyak pelumas engine (engine oil pressure gauge)
                         Meter bahan bakar (fuel gauge)
Petunjuk debu (dust indicator)
Lampu peringatan level minyak rem (brake oil level coution lamp)
Lampu indikator rem parkir (parking brake indicator lamp)
Service meter
Lampu panel (panel lamp)
Meter tekanan pompa priming bahan bakar (priming pump fuel pressure gauge)
Sakelar lampu putar leaning (yellow rotating lamp switch)
Sakelar lampu kerja (working lamp switch)
Sakelar lampu parkir (parking lamp switch)
Sakelar lampu besar (head lamp switch)
Priming pump
Sinyal pemanas (heater signal)
Sakelar busi pijar (glow plug switch)
Sakelar start (starting switch)

Motor Grader Tipe : GD 605 R-1
Nama Tuas Kendali :
Tuas kendali attachment (work equipment control lever)
Roda kemudi (steering wheel).
Horn button
Turn signal dimmer switch
Tuas kendali bahan bakar (fuel control lever)
Tuas pemindah gigi (gear shift lever)
Tuas rem parkir (parking brake lever)
Pedal gas (accelerator pedal)
Pedal rem
Pedal Pin pengunci lifter (lifter lock pin pedal)
Pedal inching (inching pedal)

Sasaran / kegiatan :
 
Periksa peralatan kerja (work equipment), silinder, sambungan (linkage) dan pipa-pipa karet (hoses) untuk kemungkinan terjadi retak, longgar/aus.
Bersihkan kotoran dan debu di sekitar engine, batere, radio. Periksa dan bersihkan juga bahan (material) yang mudah terbakar (daun kering, rerumputan, ranting, dan sebagainya).
Periksa kebocoran air dan minyak di sekitar engine, kebocoran air dari sistem pendingin.
Periksa kebocoran minyak dari kotak transmisi (transmission case), kotak penggerak akhir (Final Drive Case), circle reserve gear, tangki hidrolik, pipa-pipa (hose) dan sambungan-sambungan (joints).
Periksa kebocoran udara atau minyak dari sistem rem (brake line).
Periksa keausan atau kerusakan ban, baut-baut kendor.
Periksa tempat pegangan (hand rails) untuk kemungkinan ada kerusakan atau baut yang kendor.
Periksa kemungkinan ada kerusakan pada meter-meter (gauges), lampu-lampu pada instrumen panel, baut-baut yang kendor.
Periksa kerusakan kaca spion, reflektor, baut-baut pengikat yang kendor.
Periksa bahwa tidak ada kerusakan pada kunci pintu kabin
Bersihkan jendela kabin
Periksa sabuk keselamatan dan klem pemasangnya.
mungkin dilain waktu kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai pemeliharaan harian Motor Grader. Salam Blogger Indonesia.



1 komentar:

  1. kalo bisa lampirkan gambar-gambarnya(panel-panel,tuas-tuas)

    BalasHapus